web analytics
 

Tips PES 2013 : Memahami Tactics Team by kkgg October 8, 2012 in PES 2013 5 Comments

Salah satu ciri khas PES 2013 dibanding kompetitornya FIFA 13 tingkat kebebasan dalam menentukan strategi atau taktik permainan tim. Memahami tactics / taktik yang dipakai tim sendiri dan juga yang digunakan tim lawan bisa jadi faktor utama yang menentukan pemenang dari pertandingan itu.

standard tactic pes 2013

Dalam sebuah taktik tim di PES 2013, terdapat 7 elemen yang menentukan bagaimana pemain-pemain kita bergerak. Perlu kita ingat dalam menyusun taktik di PES 2013 bahwa tidak ada satu rumusan baku yang pasti benar. Bagaimana dan sebagus apapun taktik yang kita buat, pasti ada kelebihan dan kelemahannya, demikian juga dengan elemen taktik yang kita setting, ada plus minusnya.

Player Supports

Adalah bagaimana teman satu tim kita bergerak ketika bola dikuasai oleh salah satu rekan tim.

  • 1 – 6 : Defensive, teman satu tim cenderung diam mempertahankan posisinya sesuai formasi
  • 7 – 13 : balanced, kondisi normal
  • 14 – 20 : Offensive, teman satu tim cepat merespon dan maju membantu serangan

Nilai yang kecil menyebabkan tim menjadi kaku dan sukar menyusun serangan, akan tetapi posisi para pemain yang rapi menyebabkan tim kita hampir tidak bisa di serang balik / counter attack.

Nilai tinggi menyebabkan semua pemain aktif membantu serangan, tim menjadi dinamis karena banyak yang mencari posisi ataupun overlap membuka celah serangan, tetapi kekurangannya adalah tim kita jadi mudah diserang balik dan stamina cepat habis.

Support Range

Adalah arah atau haluan teman satu tim kita dalam membantu serangan

  • 1 – 6 : Narrow, teman satu tim cenderung bergerak maju saja, tidak melebar
  • 7 – 13 : Medium, kondisi normal
  • 14 – 20 : Wide, teman satu tim bergerak maju dan melebar mencari posisi kosong.

Nilai yang kecil menyebabkan teman satu tim cenderung maju saja tidak melebar, tim akan dipaksa untuk bermain umpan-umpan pendek di tengah dan opsi umpan akan terbatas.  Karena pergerakan pemain terbatas, stamina akan lebih terjaga dan tim akan lebih cepat menyusun pertahanan kembali

Nilai tinggi menyebabkan semua pemain aktif mencari posisi kosong termasuk bergerak melebar. Opsi operan akan semakin banyak, dari umpan terobosan sampai crossing. Akan tetapi pemain cenderung lebih mudah habis stamina karena terus bergerak jauh dari posisi awalnya dan juga membuat tim semakin rentan diserang balik.

Position Switch

Dalam PES 2013, elemen ini menentukan frekuensi dari para pemain untuk bertukar tempat dengan rekan tim yang terdekat. Elemen ini akan menentukan bagaimana rekan satu tim akan bertindak ketika ada rekan lain yang berada di posisi yang sama dengan dia, apakah tetap mempertahankan role / posisi aslinya, atau berpindah bergerak selayaknya posisi lain.

  • 1 – 6 : Never, pemain tetap komitmen pada posisinya, striker ya  striker, gelandang tetap jadi gelandang. Pada saat striker mundur, di depan akan menjadi kosong.
  • 7 – 13 : Occasional, kondisi normal
  • 14 – 20 : Frequent, sering terjadi pergantian posisi untuk mempertahankan bentuk formasi. Bilamana pemain striker mundur ke belakang, otomatis AMF, SMF atau CMFnya maju ke posisi striker.

Tip yang bisa kami berikan dalam elemen taktik PES 2013 ini adalah mempelajari Player ID atau attribute pemain. Frequent lebih cocok untuk digunakan pada sebuah tim yang karakter pemainnya memiliki ciri khas yang serupa, seperti FC Barcelona dimana rata-rata semua memiliki speed dan dribble yang sangat bagus.

Attacking Style

Adalah tendensi umum bagaimana gerakan tim kita secara proporsional.

  • 1 – 6 : Outwide, Tim akan fokus menyerang dari suatu sisi lapangan. Pemain di tengah seperti CMF akan cenderung diam mempertahankan posisi.
  • 7 – 13 : medium, kondisi normal
  • 14 – 20 : down middle, fokus serangan akan berada di tengah formasi. pemain sayap atau gelandang samping cenderung menghindari gerakan-gerakan overlap dan overlap malah terjadi di tengah.

Banyak yang salah pengertian di PES 2013 mengenai Attacking Style ini. Bilamana kita ingin bermain melebar bukan berarti harus memilih Outwide Attacking Style, cukup di set di medium saja. Outwide menyebabkan pemain di samping lebih maju daripada pemain tengah, terkadang malah membuat lebih sukar menentukan timing untuk crossing.

Pressing

  • 1 – 6 : Loose, Dalam bertahan, para pemain akan mengikuti formasi yang ditetapkan dan menjaga jarak dari pemain lawan
  • 7 – 13 : medium, kondisi normal
  • 14 – 20 : tight, dalam bertahan para pemain cenderung mendekati pemain lawan. Hal ini akan menyebabkan pemain kita menjadi lebih mudah memotong operan lawan dan lawan kesulitan mencari pemain yang bisa dioper

Ada dua tip yang bisa kami berikan di sini. Pertama adalah menghindari loose pressing karena para pemain akan terlihat seperti malas dan bodoh membiarkan lawan mengoper bebas ke mana pun juga.

Tip kedua adalah menghindari tight pressing berlebihan (18-20), stamina para pemain yang akan cenderung mudah terkuras, dan formasi kita bisa berantakan karena orientasi para pemain adalah menjaga orang bukan formasi.

Defensive Line

adalah orientasi barisan pertahanan kita dalam menentukan garis offside.

  • 1 – 6 : deep, barisan pertahanan akan cenderung tetap di dekat box pinalty kita. Cara ini sangat efektif dalam mematikan serangan balik lawan, dan juga efektif meredam kecepatan penyerang lawan. Kelemahan utama adalah membiarkan pemain tengah lawan mengembangkan kreatifiitas, dan menyebabkan tim menjadi lemah terhadap long shoot dan crossing.
  • 7 – 13 : standard, kondisi normal
  • 14 – 20 : high, barisan pertahanan maju dan berada di garis tengah. Cara ini efektif dalam mempertahankan possesion bola dan juga menekan pemain tengah lawan. Kelemahan utama cara bertahan seperti ini sangat mudah, bila ada pemain lawan yang punya kecepatan tinggi dan lepas, langsung menjadi kondisi 1 vs 1 dengan kiper kita.

Compactness

Adalah orientasi formasi kita dalam berdiri, apakah terpusat mengumpul di tengah atau melebar. Perbedaan dengan player support adalah sifat pelaksanaannya. Compactness berlaku setiap saat pada saat bola dalam penguasaan kita ataupun lawan. Karena itu aplikasinya lebih signifikan dalam bertahan.

  • 1 – 6 : narrow, formasi kita menjadi padat berkumpul di tengah. Tengah menjadi padat sukar ditembus, tapi lawan di sisi cenderung bergerak bebas.
  • 7 – 13 : standard, kondisi normal
  • 14 – 20 : Wide, formasi kita melebar mengikuti lebar lapangan. Pemain-pemain kita bisa menutup semua sisi lapangan, dan cepat mencari posisi untuk menerima operan, tetapi formasi jadi banyak celah dan mudah diacak-acak pemain lawan.

Memilih Taktik Yang Tepat

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, di PES 2013 tidak ada 1 taktik terbagus yang tidak dapat dikalahkan. Setiap taktik memiliki kelebihan dan keukurangan. Postingan ini membantu menjelaskan dan memberikan tips bagaimana kita memahami fitur taktik di PES 2013, untuk aplikasinya akan dibahas di postingan selanjutnya (berlanjut)

5 Comments

  1. Jov Persi January 24, 2013

    Tengkyu brader , more information please.. :)

  2. Syaifullah June 8, 2013

    tutorial itu ya ini,,, mendasar, mudah dipahami,
    thankz plend….

  3. aldi setiawan June 23, 2013

    Sangat mudah di pahami sekali

  4. bonie August 31, 2013

    mantap… sangat bermanfaat tips nya

  5. pelu April 24, 2014

    tekan apa sewaktu rebut bola dsn keadaan seperti apa

Leave a comment




  • Site Supporters


    Video Games Top Blogs Video Games blogs
    evolution-soccer.com Webutation Wordpress Topsites Top  blogs Online Marketing
    Submit your site to the Hotvsnot.com web directory! Find sites like this in the Video Games Directory
 

Indonesian Soccer Gamers Site – PES – WINNING ELEVEN – FIFA